Berkenalan dengan Sejarah Sensor Logam

Berkenalan dengan Sejarah Sensor Logam

Berkenalan dengan Sejarah Sensor Logam

Detektor logam atau detektor emas dalam tanah cukup berguna.  Sensor logam ini memiliki banyak kegunaan di berbagai bidang, beberapa di antaranya meliputi: militer di ladang ranjau, bandara dan pos pemeriksaan keamanan lainnya, ahli geofisika, dan pencari benda berharga di pantai.

 

Detektor logam juga termasuk dalam kelompok radar pendeteksi, karena banyak yang menggunakan radar dalam sistemnya.  Anggota lain dari keluarga radar detektor meliputi: sistem detektor radar mobil, sistem radar cuaca, dan sistem radar nirkabel.

 

Metal Detector adalah instrumen elektronik yang banyak digunakan dalam pencarian logam. Ini terdiri dari probe atau sensor yang menunjukkan adanya logam dengan suara buzzer, kilatan led atau perangkat penunjuk lainnya.

 

Beragam detektor logam termasuk pendeteksi logam koin, detektor logam industri, detektor logam pulsa, detektor logam farmasi, detektor logam tekstil & banyak lagi. Maka dari itu, menarik menyimak sejarah dari alat ajaib ini.

 

Prinsip Kerja dan Fungsi Sensor Logam

Sebelum memahami sejarahnya, mari kita cari tahu prinsip kerjanya.

 

Prinsip kerja dasar melibatkan perubahan fluks listrik. Detektor logam berisi sirkuit jembatan seimbang di mana arus mengalir. Saat sensor mendekat di dekat logam, fluks elektromagnetik berubah membuat ketidakseimbangan sirkuit. Ini membantu dalam mendeteksi logam.

 

Detektor logam harus selalu bekerja dengan cara yang akurat & tepat. Tergantung pada aplikasinya, titik ambang mereka diambil. Mereka mulai beroperasi dari titik ambang. Jadi sangat penting bagi produsen untuk memberikan ambang batas yang tepat dan akurat sesuai kebutuhan.

 

Ini menemukan penggunaan yang luas dalam banyak proses industri. Mereka sangat digunakan di situs-situs penting seperti bandara, kereta api, hotel, fasilitas militer, dan berbagai gedung pemerintah lainnya untuk memberikan keamanan. Mereka biasanya digunakan dalam mendeteksi senjata, emas atau logam lainnya di situs ini. Mereka juga menemukan aplikasi dalam teknik sipil. Ini banyak digunakan dalam arkeologi untuk mencari sisa-sisa spesies yang punah.

 

Komponen di Dalam Sensor Logam Terbaik Minelab

Detektor logam terdiri dari osilator yang menghasilkan arus bolak-balik yang melewati kumparan, yang menciptakan medan magnet bolak-balik.  Ini berarti bahwa ketika logam konduktif elektronik berada di dekat detektor, itu menciptakan pusaran udara, yang menyebabkan perubahan medan magnet, yang memungkinkan operator untuk melihat di mana logam itu berada.

 

Detektor genggam adalah yang paling umum, dan digunakan di sebagian besar detektor logam di seluruh dunia.  Bahkan ranjau darat dapat dideteksi melalui penggunaan perangkat genggam.  Namun, untuk logam yang sangat dalam, radar penembus tanah digunakan bersama dengan detektor logam untuk menggali logam yang tersembunyi.

 

Mengenal Sejarah Alat Sensor Logam

Detektor logam memiliki sejarah yang menarik.  Detektor logam pertama dibuat pada akhir abad ke-19.  Penemu asli dari ide tersebut berharap dapat menciptakan metode yang lebih mudah untuk menemukan bijih bagi para penambang.  Seorang fisikawan, Heinrich Wilhelm Dove, menemukan sistem keseimbangan induksi pada masa itu, tetapi butuh seratus tahun bagi orang lain untuk melihat perlunya idenya.

 

Mesin awal sulit digunakan, dan membutuhkan banyak daya baterai.  Pada tahun 1930-an, format detektor logam modern mulai muncul.  Gerhard Fisher adalah penemu pertama yang dipatenkan dalam ranah detektor logam.  Dia menemukan pendeteksian logam secara tidak sengaja, ketika dia melacak perbedaan dalam metode navigasi radionya.  Modelnya digunakan pada Perang Dunia II, namun setelah itu, ketika ada kelebihan detektor tergeletak di sekitar penduduk, hobi mencari logam untuk hiburan terbentuk dan hal itu mempengaruhi perkembangan detektor logam yang lebih modern.

 

Detektor logam adalah alat yang sangat berguna dan mengesankan  Sulit membayangkan apabila seseorang mencari sesuatu yang berharga di bawah tanah tanpanya. Detektor logam sangat mempermudah banyak profesi: pencari harta karun, kepolisian, bahkan bidang farmasi sekali pun.

 

Ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak detektor menggunakan sistem radar nirkabel dalam mekanismenya.  Detektor logam juga memiliki sejarah yang menarik, dan memikirkan tentang sejarah itu akan membuat aktivitas pencarian logam berharga akan semakin menarik saja.

 

Rekomendasi Alat Sensor Logam yang Berkualitas

Ada banyak detektor logam di pasaran, tetapi tentu Anda layak mendapatkan yang berkualitas.Minelab menyediakan berbagai jenis detektor logam berkualitas yang dapat Anda gunakan untuk berbagai hal, termasuk mencari emas dan barang berharga lain di bawah tanah

 

MineLab adalah penyedia atau produsen detektor logam yang berkualitas.Minelab menyediakan berbagai detektor logam yang spesifikasinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti:

  • Gold Monster 1000
  • SDC 2300
  • GPZ 7000
  • GPX 6000
  • Go-Find 22
  • Vanquish 340
  • Equinox 800

…dan masih banyak lagi.

Bahkan,Minelab juga menggerakkan adanya komunitas khusus yang memiliki hobi mendeteksi logam di bawah tanah, tentu dengan menggunakan produk dari Minelab.

 

Dengan Minelab, deteksi logam di bawah tanah tentunya akan semakin mudah dan semakin terpercaya. Anda bisa mengandalkan Minelab untuk tujuan hobi belaka atau untuk alasan yang lebih serius. Dengan garansi dan kualitas terjamin,Minelab adalah rekan detektor logam terbaik Anda.


Tunggu apa lagi? Dapatkan detektor logam dari Minelab sekarang juga. Temukan di situs resmi detektor emas dalam tanah Minelab atau melalui e-commerce dan rasakan keseruannya.