Metal Detector Emas, Bagaimana Cara Kerjanya dan Rekomendasi Produk

 

 

Metal detector emas tak lain adalah detektor logam yang kemudian ditambahkan fitur khusus untuk membantu mempermudah menemukan emas. Meski kurang lebih konsep alat metal detector emas tidak jauh berbeda dengan alat detektor harta karun, sebagai pecinta treasure hunter, Anda harus tetap memahami bagaimana cara kerja alat metal detector emas.

 

Bagaimana Detector Emas Bekerja Secara Umum?

 

Detector emas bekerja dengan mentransmisikan medan elektromagnetik ke dalam tanah. Medan yang ditransmisikan ini menginduksi loop arus listrik, yang dikenal sebagai arus eddy, dalam bahan konduktif atau logam. Dan karena emas adalah bahan konduktif, maka medan elektromagnetik akan memicu arus listrik di dalamnya, yang akan membuat mesin bereaksi terhadapnya dan memberikan sinyal bahwasanya ada emas di area yang sedang dideteksi.

 

Perlu diingat bahwa, ini adalah prinsip yang sama dengan detector logam, namun detector emas dikalibrasi dan dioptimalkan khusus untuk pencarian emas. Detector emas mengambil proses ini selangkah lebih maju dengan mengukur induktansi dan konduktivitas. Induktansi mengacu pada jumlah arus eddy yang dihasilkan oleh target. Sedangkan konduktivitas adalah seberapa mudah arus ini mengalir.

 

Detector emas mengukur ukuran arus eddy dan seberapa cepat mereka bergerak. Dengan melakukan ini, mereka dapat menghitung konstanta waktu target di tanah. Konstanta waktu sangat berbeda antara target. Misalnya, potongan-potongan aluminium foil memiliki konstanta waktu yang sangat singkat, sedangkan cincin emas dan koin memiliki konstanta waktu yang lama.

 

Potongan besi, baja, dan logam besi lainnya memiliki konstanta waktu yang lebih lama. Detector emas dapat dikalibrasi secara khusus untuk mencari target yang berada dalam rata tengah. Namun, ini bukanlah metode yang pasti untuk mendeteksi emas karena bentuk, ukuran, dan jarak target serta variabel lingkungan lainnya berdampak pada keakuratan penghitungan konstanta waktu detektor. Untuk mengimbanginya, Anda dapat mengkalibrasi ulang Detector emas untuk mencari rentang konstanta waktu yang lebih sempit atau lebih luas.

 

Komponen Derector Emas

 

Komponen detector emas yang bekerja pada teknologi elektromagnetik terdiri dari beberapa bagian berikut ini.

 

  • Kotak Kontrol: Yang merupakan otak dari mesin. Ini berisi baterai, kontrol dan pengaturan perangkat, pembacaan, speaker, dan mikroprosesor.
  • Stabilizer:Attachment ini merupakan bagian dari detektor yang membuatnya nyaman untuk Anda gunakan selama berjam-jam. Stabiliser adalah sandaran tangan yang membuat membuat detektor logam stabil saat Anda memindahkannya.
  • Shaft:Ini adalah bagian utama mesin yang terhubung dengan semua bagian lainnya. Biasanya dimungkinkan untuk menyesuaikan poros sesuai kenyamanan Anda.
  • Search Coil: Terletak di bagian bawah detektor, itu adalah antena yang berisi kumparan pencarian yang sangat penting bagi mesin untuk dapat mendeteksi emas.

 

Fitur Detector Emas

 

Detector emas sedikit berbeda dari detektor biasa Anda. Detektor emas umumnya memiliki fitur berikut:

 

  1. Beroperasi pada frekuensi tinggi: detektor biasa biasanya beroperasi pada frekuensi rendah atau menengah menemukan objek berukuran standar. Namun, alat metal detector emas biasanya dimaksudkan untuk menemukan barang berukuran kecil yang sebagian besar adalah emas.
  2. Beroperasi pada beberapa frekuensi secara bersamaan:Ini tidak berlaku untuk semua mesin pendeteksi emas. Ini umumnya terjadi untuk alat detector emas dengan teknologi terbaru. Fitur ini menjadikan pencarian Anda lebih efisien.
  3. Ground Balance yang unggul: Terkadang Anda berhadapan dengan tanah yang sangat konduktif dan kaya akan mineral sehingga bisa menyebabkan sinyal palsu yang membingungkan Anda. Ground balanceadalah fitur ajaib yang membuat mesin Anda mengetahui tingkat mineralisasi yang dimiliki tanah tertentu sehingga dapat meminimalisir adanya sinyal palsu. Perlu diingat bahwa emas dalam bentuk mentahnya biasanya terletak di tanah yang sangat termineralisasi.
  4. Solid discrimination: Fitur ini membuat Anda bisa lebih fokus menemukan emas dan mengabaikan logam besi.
  5. Sensitivitas tinggi: Alat detector emas harus memiliki sensitivitas tinggi, karena ukuran emas kecil.

 

Rekomendasi Alat Detector Emas Minelab

 

Metal detector emas – Minelab Gold Detector Gold Monster 1000 adalah salah satu mesin terbaik untuk menemukan emas. Alat detektor harta karun memiliki frekuensi operasi 18 kHz+, dilengkapi dengan ID target digital, dilengkapi ground balance manual dan otomatis, audio besi, dan mode pinpoint built-in yang terpisah. Minelab Gold Monster 1000 memiliki kedalaman sekitar sembilan inci dengan kumparan monoloop dan sekitar 12 inci jika dilengkapi dengan Double-D.

 

Minelab Gold Detector Gold Monster 1000 memiliki kemampuan diskriminasi berkualitas tinggi. Alat ini ditujukan untuk para detektor pemula - menengah, namun hasilnya semakin maksimal jika digunakan oleh profesional.